Jumat, 04 April 2008

Ekspresikan Kasih Sayang di Tengah Kesibukan

source : milist

Anak-anak, terutama balita, amat membutuhkan perhatian orangtuanya, coba saja perhatikan, apabila Anda sibuk melakukan sesuatu dan seperti mengabaikan balita Anda, pasti ada saja ulah yang ia lakukan untuk menarik perhatian Anda. Dan, itu biasanya berupa kenakalan atau perbuatan yang menjengkelkan, sehingga biasanya amarah Anda pun terpancing.

Bila rangkaian proses ini selalu berulan, Anda sibuk, anak berulah, Anda marah, lalu kembali ke kesibukan Anda, apa yang mungkin dirasakan oleh anak Anda? Belum lagi jika ucapan-ucapan yang bernada mencap keluar dari mulut Anda, seperti misalnya "dasar anak nakal!", atau "kamu ini memang tidak bisa dibilangin!"
. Ucapan seperti itu, selain tak ada gunanya karena tak akan memperbaiki tingkah laku anak, juga membentuk konsep diri negatif pada diri anak. Anak yang dicap nakal bisa benar-benar menjadi nakal karena ia merasa dirinya anak nakal dan kemudian malah akan bertingkahlaku sesuai dengan "cap" yang ia terima.

Jalan yang terbaik untuk mengatasi ulah balita ini adalah dengan memberi apa yang sedang ia butuhkan. Jika ia bertingkah, hentikan sejenak pekerjaan Anda dan luangkan waktu untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan menyayanginya. Peluklah ia, ajak bicara sebentar, dan katakan secara gamblang bahwa Anda menyayanginya. Lalu, jelaskan kepadanya Anda harus menyelesaikan pekerjaan, dan akan kembali bermain dengannya jika sudah selesai.

Tidak ada komentar: